Pro dan Kontra Menggunakan Cloud untuk Bisnis Anda

cloud untuk bisnis, sumber: harapanrakyat.com

Dari sudut pandang komersial, teknologi pencadangan sekarang menjadi sesuatu yang hampir digunakan atau direncanakan oleh setiap organisasi. Pengaturan cloud untuk bisnis kini telah disesuaikan dengan kebutuhan spesifiknya. Layanan cloud telah mengambil alih hampir setiap aspek teknologi, mulai dari penyimpanan hingga perangkat lunak hingga keamanan. Dengan pandemi yang berdampak pada perusahaan, penyimpanan cloud kemungkinan akan ada untuk sementara waktu dan harus dipertimbangkan.

Apa Sebenarnya Cloud Itu?

Kata “cloud” sendiri memiliki artian sebuah jaringan server worldwide dengan layanan dan tujuan yang berbeda. Cloud adalah jaringan besar server jauh yang berlokasi di seluruh dunia yang terhubung dan dirancang untuk berfungsi sebagai ekosistem tunggal. Anda dapat mengakses file dan data secara online dari perangkat berkemampuan Internet apa pun, bukan dari komputer lokal atau pribadi, data akan dapat diakses ke mana pun Anda pergi dan kapan pun Anda membutuhkannya.

Kelebihan Cloud untuk Bisnis

sumber: grid.id

Saat ini, kehilangan data merupakan risiko yang parah bagi perusahaan. Ada beberapa risiko untuk bisnis modern, mulai dari penghapusan yang tidak disengaja hingga tindakan jahat oleh orang asing untuk mencuri data penting atau menahannya untuk tebusan. Dengan ketergantungan yang tinggi pada data dan keamanannya, masuk akal bagi perusahaan kecil menggunakan cloud untuk bisnis untuk mengalihdayakan data dan operasi ke tempat yang lebih aman daripada server internal.

Meskipun tampaknya menyimpan data di tempat lain dan mengaksesnya dari jarak jauh menimbulkan risiko yang lebih besar, penyedia layanan cloud lebih banyak dalam elemen keamanan seperti identifikasi, komunikasi terenkripsi, dan otorisasi. Anda dapat mengontrol siapa yang memiliki akses ke informasi tersebut, dan vendor dapat membantu Anda mengelola dan mengamankannya.

Sebagian besar penyedia layanan cloud untuk bisnis dapat meningkatkan kebutuhan data dan sumber daya Anda. Segera, jika diperlukan. Mereka akrab dengan biaya dan sumber daya yang Anda perlukan, dan mereka dapat membantu Anda dalam merancang strategi terbaik untuk menjaga segala sesuatunya tetap bergerak selama ekspansi Anda. Anda juga dapat menurunkan versi dengan cepat jika perlu memangkas jika pengembangan Anda bersifat musiman atau sementara.

Kontra Cloud untuk Bisnis

sumber: koinworks,id

Ada kekhawatiran dengan data berharga dan penting yang disimpan di cloud. Sebelum mengadopsi cloud, Anda harus menyadari bahwa Anda memberikan informasi bisnis sensitif kepada penyedia layanan cloud pihak ketiga, yang berpotensi membahayakan bisnis Anda. Itulah mengapa penting untuk memahami persyaratan kontrak secara menyeluruh dan memastikan bahwa penyedia cloud Anda memiliki tindakan tegas untuk menjaga keamanan informasi Anda setiap saat.

Jika layanan internet Anda turun, begitu juga kemampuan Anda untuk melihat data yang disimpan dari jarak jauh. Jika organisasi Anda sangat bergantung pada penyimpanan cloud, kegagalan internet dapat mengakibatkan waktu henti yang mahal. Selanjutnya, jika koneksi Jaringan Anda lebih lambat, mengakses data Anda yang disimpan dari jarak jauh akan memakan banyak waktu.

Meskipun penyimpanan cloud mungkin menawarkan risiko keamanan dan mungkin tidak sesuai untuk semua kebutuhan bisnis, kami yakin keuntungannya lebih besar daripada risikonya. Tidak ada keraguan bahwa cloud akan tetap ada, dan sebagian besar organisasi harus mempertimbangkan untuk menggunakannya. Jika dibandingkan dengan membuat dan menghosting semua yang ada di server Anda, cloud untuk bisnis memiliki potensi untuk mencapai lebih banyak hal untuk organisasi Anda dengan biaya lebih rendah.

About Ismaeg

Check Also

Cara Membuat Google Form di HP Mudah dilakukan!

Metode atau Cara Membuat Google Form di HP nyatanya dapat dicoba dengan gampang lho! Untuk ...

Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.