Pentingnya Memahami Risiko Bisnis Gas Elpiji

risiko bisnis gas elpiji, sumber: wokiga.com

Bisnis gas elpiji memang cukup menguntungkan, apalagi karena masyarakat sekarang banyak yang menggunakan gas tersebut sebagai alat untuk memasak sehari-hari. Memang ada sebagian besar yang masih menggunakan kayu dan tungku, tapi jumlahnya pun tidak banyak. Jika kamu ingin menjual gas elpiji, kamu harus tahu dulu apa saja risiko bisnis gas elpiji.

Sebab, semua bisnis pasti memiliki risiko yang seringnya tak begitu dipedulikan oleh sebagian besar pelaku usaha. Mengingat gas elpiji ini merupakan salah satu benda yang cukup berbahaya juga, maka sudah sewajarnya kamu dan juga orang di sekitar berhati-hati saat akan menyimpannya.

Daftar 4 Risiko Bisnis Gas Elpiji

Dengan mengetahui apa saja risiko bisnis gas elpiji, kamu tentu bisa lebih memperhatikan dan pastinya meminimalisir apa saja yang akan terjadi. Maka dari itu, simak dengan seksama hal-hal berikut ini.

Risiko Bisnis Gas Elpiji Pendistribusian Kadang Tersendat

Hal ini bukan sesuatu yang aneh, mengingat ada banyak sekali faktor yang membuat pendistribusian gas menjadi tersendat atau dengan kata lain terlalu lama dari jangka waktu yang ditentukan. Sebab, kadang ada masalah seperti faktor cuaca, gas yang tersedia masih minim dan lain-lain.

Oleh karena itu, untuk menghindari risiko bisnis gas elpiji ini kamu harus memesan gas sejak jauh-jauh hari, meskipun pasokan gas masih tersisa sedikit demi tidak adanya keterlambatan yang membuat pembeli lainnya jadi menunggu dan tidak bisa melanjutkan aktivitas memasak mereka.

Risiko Bisnis Gas Elpiji Kondisi Tabung yang Rusak

Banyaknya tabung gas yang diangkut dan dibongkar muat kadang membuat tabung jadi tiba dalam kondisi tidak prima. Alias ada beberapa di antaranya yang tidak sesuai alias rusak. Kalau sudah begini maka pembeli akan menjauhi tabung dengan kondisi demikian.

Pembeli lebih suka memilih kondisi tabung yang sekiranya terlihat masih baru. Sebab, mereka takut jika kondisi tabung ternyata sudah tidak bagus maka akan membuat mereka mengalami beberapa masalah seperti misalnya kebocoran gas dan lain-lain. Jadi, risiko bisnis gas elpiji memang terbilang cukup mengkhawatirkan.

Risiko Bisnis Gas Elpiji Modal Terlalu Besar

Agar tidak terlalu membebani dan tidak mengeluarkan modal besar, kamu bisa mencoba untuk menjadi pengecer dulu. Stok gas elpiji sedikit demi sedikit agar bisa mengatur pengeluaran modal dengan baik. Lakukan semuanya secara bertahap terlebih dahulu.

Dikatakan membutuhkan modal besar karena ini memang risiko bisnis gas elpiji. Biasanya penjual akan menyetok dulu gas tersebut, sehingga jika dalam waktu lama tak ada yang membeli maka mereka akan rugi. Namun, ini merupakan hal yang mustahil mengingat gas elpiji jadi salah satu barang paling dibutuhkan, jadi pastinya ada banyak sekali yang mencari.

Risiko Bisnis Gas Elpiji Jangkauan Pemasaran yang Terbatas

Perlu kamu ketahui bahwa gas elpiji tidak bisa dijual secara online. Jadi, kamu hanya perlu mengandalkan orang-orang yang ada di sekitarmu. Oleh karena itu, penting kiranya bagi kamu untuk memastikan bahwa orang-orang di lingkunganmu banyak yang memakai kompor gas supaya gas elpiji-mu terjual habis. Sehingga tidak sia-sia mencoba berbisnis yang satu ini.

Itulah sebagian besar risiko bisnis gas elpiji yang sebaiknya kamu pikirkan matang-matang dulu. Kalau orang di sekitar banyak yang menggunakan kompor gas, maka akan cepat terjual habis dan modal bisa langsung kembali serta keuntungannya. Hindari menyetok terlalu banyak demi mencegah kerugian ya.

About Ismaeg

Check Also

Cara Jualan Online shop Tanpa Modal dan Bisa Dilakukan di Rumah

Bisa jadi kalian telah ketahui kalau salah satu hambatan kala mau mulai berjualan merupakan modal. ...

Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.