Pemula yang Ingin Memulai Bisnis Online? Begini, Nih, Kiatnya

bisnis online, sumber: berdesa.com

Akibat dari kemajuan teknologi, kini kita bisa melakukan berbagai dengan mudah. Ini tentu saja disebabkan karena hal tersebut bisa dilakukan secara online. Bahkan, dengan mengikuti perkembangan teknologi, kini para pengusaha beralih ke bisnis online. Namun, tidak hanya yang sebelumnya sudah punya usaha saja yang bisa berbisnis online, lho. Bagi yang ingin memulai bisnis, juga bisa membuat bisnis online, ya.

Tentu saja semua orang bisa memulai berbisnis online, mulai dari pemula hingga pakarnya. Namun, memulai bisnis online yang bisa terus berkembang itu pastinya tidak asal memulai, ya. Nah, bagi pemula yang belum pernah punya usaha, ada baiknya cari tahu dulu apa yang awalnya harus dilakukan. Maka dari itu, harus tahu dulu bagaimana kiat-kiat memulai bisnis online bagi pemula.

Trik memulai bisnis online bagi pemula

Mencari tahu bisnis online yang cocok dari masalah yang dihadapi konsumen

sumber: pikiranrakyat.com

Ketika kita ingin memulai bisnis online maka cari dulu masalah yang sedang dihadapi konsumen. Nah, masalah yang dihadapi konsumen pasti ada banyak, ‘kan? Maka dari itu, kita memerlukan identifikasi dan observasi lapangan. Hal ini bertujuan untuk menentukan masalah yang paling banyak dihadapi konsumen.

Tidak sampai situ saja, setelah tahu masalah apa saja, sekarang waktunya menentukan. Dari banyaknya masalah, pilihlah masalah yang bisa menjadi peluang bisnis, terutama bisnis online. Pastikan masalah tersebut bisa teratasi dengan bisnis yang kita buat, ya. Selain itu, cari tahu juga peluang bisnis tersebut akan berpotensi di mana saja, lho.

Melakukan riset pasar untuk bisnis online

Nah, kalau sudah tahu peluang bisnis yang bisa mengatasi masalah konsumen maka selanjutkan lakukan riset pasar. Riset pasar untuk bisnis online sebenarnya tergolong mudah, lho. Pertama dengan riset keyword, seperti mengecek kata kunci yang terkait, serta tren di pencarian dan media sosial. Selain itu, bisa juga mengecek besar volume pencarian dan lokasi asal pencarian tersebut, lho. Bisa juga melakukan riset dengan bergabung ke forum atau membuat survei online.

Melakukan analisis kompetitor pada bisnis online

Setiap jenis bisnis pasti punya pesaingnya masing-masing. Maka dari itu, kita juga perlu menganalisis kompetitor yang ada. Cari tahu kelebihan dan kelemahan produk atau jasa pesaing juga. Dari informasi tersebut, kita bisa mengetahui posisi atau citra para pesaing bisnis kita. Dengan ini, kita bisa tahu apa yang harus diperbaiki dan diterapkan dalam bisnis yang kita jalankan.

Menentukan jenis dan model bisnis online

Setelah semua riset dilakukan, sekarang saatnya menentukan jenis dan model bisnis yang akan dibuat. Bisnis online sendiri memiliki beragam jenis, mulai dari yang memasarkan produk hingga jasa. Jangan lupa tentukan produk atau jasa yang akan dipasarkan, serta bagaimana cara memasarkannya. Nah, yang terpenting tentukan juga target pasar yang akan dituju oleh bisnis kita.

Melakukan promosi untuk bisnis online

sumber: linkumkm.id

Nah, jika semua telah siap maka berikutnya adalah mempromosikan produk atau jasa kita. Promosinya juga harus disesuaikan, ya. Jika termasuk bisnis online maka bisa promosi melalui media sosial, website, atau marketplace, lho. Tentu saja kita perlu membuat promosi seepik mungkin, ya. Hal ini tentu saja untuk menarik perhatian dari konsumen.

Itulah kiat-kiat memulai bisnis online yang sebaiknya dilakukan. Sebab, memulai bisnis, terutama bisnis online memang mudah. Yang sulit itu mengembangkan bisnis tersebut menjadi sukses. Maka dari itu, diperlukan rencana yang matang untuk memulai bisnis online. Jangan main asal buka bisnis online, ya.

About Ismaeg

Check Also

5 Apl Penghasil Saldo Dana Apl Penghasil Saldo Dana Banyak Di Download

5 Apl Penghasil Saldo Dana Apl Penghasil Saldo Dana Banyak Di Download – Apakah Anda ingin ...

Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.