Mengenal Teknologi Pabrikan Ducati di MotoGP yang Membuat Lawan Iri

Teknologi pabrikan Ducati di MotoGP, sumber: kompas.com

MotoGP masih menjadi ajang balap kuda besi paling tersohor di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Banyak persaingan yang di isi oleh pabrikan terbaik di dunia, salah satunya Ducati. Ducati menjadi tim paling inovatif di antara pabrikan lainnya dengan berbagai teknologi yang dihadirkan. Teknologi pabrikan Ducati di MotoGP kini mulai diikuti oleh tim lainnya karena sangat menunjang kecepatan motor.

Perhelatan balap motor terbaik di dunia ini memang menghadirkan beberapa teknologi yang canggih. Seperti yang dilakukan oleh pabrikan Italia tersebut, dengan menghadirkan beberapa inovasi. Ducati memang sangat berambisi untuk mendapatkan juara dunia setelah terakhir pada 2007 dengan Casey Stoner. Lalu apa saja teknologi yang dihadirkan oleh pabrikan Ducati yang membuat lawan iri?

Beberapa teknologi yang diterapkan pada motor Ducati Desmosedici

  1. Holeshot Device
Sumber: gridoto.com

Teknologi pabrikan Ducati di MotoGP yang harus kita tahu yaitu perangkat Holeshot Device yang membuat lawan takjub. Teknologi tersebut menjadi salah satu teknologi terbaru yang dihadirkan oleh pabrikan Italia untuk menunjang kinerja motor Desmosedici. Perangkat ini digunakan ketika start yang membuat motor melaju lebih cepat tanpa terjadi welie atau roda depan terangkat. 

Ducati memang dikenal sebagai pabrikan yang memberikan inovasi teknologi untuk menunjang kinerja motor di atas lintasan. Bahkan perangkat Holeshot Device yang diperkenalkan pada tahun 2020 tersebut kini mulai diikuti oleh tim pabrikan lain. Tentu ada alasan mengapa mereka mengikuti terobosan yang diberikan oleh Ducati tersebut. Jadi itu dia teknologi pertama yang diusung oleh pabrikan asal Italia yaitu Ducati.

  1. Seamless Shift Gearbox

Teknologi pabrikan Ducati di MotoGP selanjutnya yang akan menjadi pembahasan pada kesempatan kali ini yaitu Seamless Shift Gearbox. Teknologi yang kedua ini memberikan dampak yang sangat besar pada kemajuan motor Ducati Desmosedici. Perangkat tersebut sejatinya telah digunakan pada balap mobil F1 pada tahun 2010 yang pertama kali dilakukan oleh pabrikan Honda.

Teknologi tersebut merupakan teknologi yang diterapkan pada gearbox yang membuat motor stabil ketika memasukkan gigi. Hal itu membantu kinerja motor ketika menaikkan gigi karena pengapian dihentikan sementara. Sehingga motor lebih stabil dan pergantian gigi tersebut lebih cepat sepersekian detik. Jadi itu dia teknologi kedua yang harus kalian tahu tentang Ducati Desmosedici.

  1. Salad Box

Teknologi pabrikan Ducati di MotoGP selanjutnya yang akan menjadi sajian kali ini yaitu salad box. Teknologi tersebut terdapat pada bagian belakang motor Ducati Desmosedici 2018. Musim 2018 dimanfaatkan Ducati untuk menguji teknologi terbaru yang biasa disebut Salad Box. Rider Ducati kala itu yaitu Jorge Lorenzo terlihat menggunakan teknologi Salad Box tersebut pada motor Ducati Desmosedici 18.

Kala itu, semua media membicarakan tentang teknologi yang diusung oleh pabrikan asal Italia tersebut. Namun kepala mekanik Ducati kala itu selalu mengelak ketika ditanya tentang fungsi dari teknologi tersebut. Namun mekanik tersebut hanya menyebut nama dari perangkat itu yaitu Salad Box tanpa menjelaskan fungsinya. Jadi itu dia teknologi ketiga yang diterapkan pada motor Ducati Desmosedici.

Teknologi pabrikan Ducati di MotoGP kini banyak diikuti oleh para tim lainnya karena telah terbukti mampu meningkatkan kekuatan motor. Namun beberapa teknologi tersebut harus menghadapi pro dan kontra karena dianggap ilegal oleh beberapa pihak. Seperti teknologi Holeshot Device yang kabarnya kali ini akan dibekukan alasan. Jadi itu dia beberapa teknologi yang diterapkan oleh pabrikan asal Italia yaitu Ducati.

About Ismaeg

Check Also

Berbagai Macam Persiapan Ketika Mulai Berbisnis Online

persiapan ketika mulai berbisnis online, sumber: idxchannel.com Pada umumnya perkembangan dunia kini telah banyak mewakili ...

Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.