Mau Bikin Content Marketing Jadi Menarik? Ada Strateginya, Lho

content marketing, sumber: dotnextdigital.com

Marketing atau memasarkan sebuah produk memang sudah menjadi kewajiban para pelaku usaha, bukan? Hal ini bertujuan agar bisa menarik perhatian para konsumen hingga mempengaruhi untuk membelinya. Terlebih lagi, kini sudah ada yang namanya content marketing, lho.

Content marketing sendiri merupakan salah satu strategi pemasaran yang promosinya dilakukan memakai konten. Tentu saja konten yang dibuat harus mendeskripsikan produk atau jasa yang ada di bisnis kita. Selain itu, isi konten harus bersifat jelas dan informatif, ya. Maka dari itu, kita juga harus punya strategi dalam pembuat content marketing ini, lho.

Tips membuat content marketing

Menentukan tujuan content marketing

Sebelum membuat content marketing, kita perlu tahu dulu tujuan, ya. Hal ini sangat penting karena dari tujuan ini kita bisa menjadi arah dari dibuatnya content marketing ini. Tentu saja tujuan dari content marketing agar penjualannya meningkat, bukan? Maka dari itu, dengan adanya tujuan, konten yang dibuat akan lebih berfokus.

Content marketing mendefinisikan audiens

sumber: pixabay.com

Audiens di sini bisa dikatakan target konsumen, ya. Oleh karena itu, sebelum membuat konten, kita harus mengenali terlebih dahulu target konsumen. Hal ini bisa menjadi referensi bagaimana kita harus menyediakan konten, lho. Jadi, konten dibuat bisa menjadi kebutuhan, mendidik, bahkan merubah cara berpikir konsumen. Dengan begitu, diharapkan dapat menarik minat audiens terhadap konten yang dibuat.

Menerapkan prinsip ATM

ATM yang dimaksud di sini adalah amati, tiru, dan modifikasi. Sebab, content creator juga tidak serta merta bisa membuat content marketing yang keren. Maka dari itu, ada baiknya untuk mulai mengamati konten-konten yang keren, terutama yang setipe. Tiru dasar pemikiran pembuatan konten hingga bisa sekeren itu. Terakhir, lakukan percobaan dengan membuat konten berdasarkan kreasi kita sendiri, ya.

Gunakan topik yang menarik dan original untuk content marketing

Meskipun kita menerapkan yang namanya ATM, tapi kontennya harus tetap original, ya. Tapi, kita juga bisa memakai kembali konten yang pernah dibuat menjadi lebih menarik, lho. Tapi, perlu diingat, ya, pastikan konten yang di-repurpose ini merupakan hak milik sendiri. Selain itu, kita juga bisa menggunakan topik yang sedang tren di media sosial atau di pencarian. Tentu saja hal ini dilakukan agar bisa lebih menarik perhatian audiens.

Manfaatkan tools untuk membuat content marketing

Well, saat ini bukan zamannya lagi serba manual, ya. Kita bisa memanfaatkan berbagai tools untuk membuat content marketing yang dibuat lebih menarik, lho. Seperti ketika ingin mencari niche yang menarik dan sedang tren. Terlebih lagi, dengan adanya tools bisa membuat kita lebih terorganisir. Ada juga tools yang bisa menginspirasi, serta memudahkan dalam meng-post konten ke media sosial.

Manfaatkan media sosial untuk mendistribusikan content marketing

sumber: Viva.co.id

Jika tadi kita bisa memanfaatkan berbagai tools yang ada, kini waktunya untuk memanfaatkan media sosial. Tahu, ‘kan, seberapa banyak media sosial bahkan media internet yang bisa digunakan untuk mem-posting konten. Tentu saja, sebelum didistribusikan sebagai promosi sebuah produk atau jasa harus disesuaikan dulu, ya. Seperti di konten di Instagram tentu beda dengan yang website, facebook, dan blog, ‘kan?

Itulah tips dalam membuat content marketing yang menarik. Strateginya tidak sulit, ‘kan? Hal ini bisa digunakan sebagai acuan dalam membuat content marketing, ya. Meski begitu, yang pasti, dalam pembuatan content marketing ini tidak bisa asal-asalan, ya. Terlebih jika tujuannya untuk menarik minat audiens.

About Ismaeg

Check Also

Cara Jualan Online shop Tanpa Modal dan Bisa Dilakukan di Rumah

Bisa jadi kalian telah ketahui kalau salah satu hambatan kala mau mulai berjualan merupakan modal. ...

Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.