hari raya idul fitri 2022 tanggal berapa? Catat ya.

Bulan puasa telah menjelang akhir, persoalan menimpa bertepatan pada berapa Idul Fitri( lebaran) 2022, NU, pemerintah serta Muhammadiyah mulai mencuat hari raya idul fitri 2022 .

hari raya idul fitri 2022 tanggal berapa
sumber: suara.com

Semacam tahun- tahun lebih dahulu, Muhammadiyah telah lebih dulu memastikan kalau hari raya Idul Fitri 2022, jatuh pada bertepatan pada 2 Mei 2022.

Tetapi, pemerintah, serta pula NU masih menunggu hasil persidangan isbat yang baru hendak diselenggarakan pada 1 Mei 2022 mendatang.

hari raya idul fitri 2022 tanggal berapa diprediksi hendak jatuh pada bertepatan pada yang sama dengan Muhammadiyah ialah 2 Mei 2022.

Perihal itu bersumber pada tata cara hisab yang mana posisi hilal pada 1 Mei 2022, telah penuhi kriteria baru yang sudah diresmikan oleh MABIMS( Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia serta Singapore).

Tetapi, demikian penetapan bertepatan pada Idul Fitri 2022 senantiasa hendak menunggu dari hasil persidangan isbat.

Perihal itu di informasikan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin. Pada bertepatan pada 1 Mei 2022, besar hilal di Indonesia antara 4 derajat 0, 59 menit hingga 5 derajat 33, 57 menit dengan sudut elogasi antara 4, 89 derajat hingga 6, 4 derajat.

Bersumber pada perhitungan itu, hingga secara hisab posisi hilal yang telah menggapai ketinggian 3 derajar dengan sudut 6, 4 derajat pada 1 Mei 2022 telah masuk dini Syawal cocok kriteria baru MABIMS.

Pemerintah lewat Kemenag hendak menggelar persidangan isbat dengan memakai tata cara hisab serta rukyat dalam memastikan dini Syawal ataupun hari raya Idul Fitri 2022.

Tata cara tersebut hendak mengaitkan Regu Unifikasi Kalender Hijriyah buat mempresentasikan posisi hilal sekalian menunggu laporan rukyat dari segala Indonesia.

Hasil dari persidangan isbat Kemenag yang memakai tata cara hidab serta rukyat nantinya hendak memastikan kapan serta bertepatan pada berapa tumbangnya lebaran.

Persidangan isbat Kemenag sendiri hendak dicoba di Auditorium Hektometer Rasjidi Departemen Agama, yang hendak dimulai oleh pemantauan hilal pada 99 titik di segala Indonesia.

Semacam pada persidangan isbat memastikan dini puasa Ramadhan, hasil persidangan Isbat nantinya hendak diumumkan secara langsung oleh Menteri Agama lewat konferensi pers yang pula dapat disaksikan di TVRI.

Saat sebelum digelarnya persidangan Isbat, persoalan menimpa bertepatan pada berapa lebaran Idul Fitri 2022 masih belum dapat terjawab.

Tetapi, mungkin besar hari raya Idul Fitri ataupun lebaran hendak jatuh pada bertepatan pada 2 ataupun 3 Mei 2022.

hari raya idul fitri 2022 tanggal berapa yaitu pada 2 Mei 2022 hingga puasa berakhir pada hari ke- 29, tetapi bila hasil persidangan Isbat, Idul Fitri jatuh pada bertepatan pada 3 Mei 2022 hingga puasa Ramadhan berakhir pada hari ke- 30

Sumber: kemenag.go.id

About Ismaeg

Check Also

Tata Motor Indonesia Siap Luncurkan 3 Mobil Listrik Bulan Ini, Mengaspal di Indonesia?

Tata motor Indonesia, sumber: wartaekonomi.co.id Popularitas dan geliat mengenai mobil listrik terus mengalami peningkatan di ...

Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.