Branding Produk Untuk UMKM, Apakah Penting?

branding produk, sumber: suararakyat.com

UMKM sendiri merupakan usaha mikro kecil dan menengah. Umumnya, usaha yang dilakukan berupa kegiatan perdagangan yang menjual suatu produk. UMKM ini biasanya dilakukan secara individu, di mana badan usaha masih dalam lingkup kecil. Meski begitu, tidak terelakkan jika branding produk untuk UMKM itu juga penting, lho.

Branding produk sendiri merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan untuk mempromosikan produk. Branding sendiri merupakan perkembangan dari brand, jadi pertama harus sudah memiliki brand untuk produknya, ya. Tentu saja tidak asal membuat brand, ya, ada unsur yang sebaiknya ada di dalamnya.

Brand di sini pastinya mencakup nama, simbol atau logo, visi dan misi, hingga jargon. Maka dari itu, di dalamnya harusnya menggambarkan karakteristik produknya. Tentu saja, karakteristiknya harus yang otentik dan orisinil, ya. Selain itu, harus ada keunikan yang menonjolkan ciri khas produk yang bisa menarik serta tidak mudah terlupkan oleh konsumen. Dari situlah kita bisa memulai melakukan branding produk.

Kalau dilihat melakukan branding suatu produk memang bisa diabaikan begitu saja. Namun, jika ingin UMKM yang dijalani terus berkembang, jangan pernah anggap branding itu sepele, ya. Tentu saja bukan tanpa sebab mengapa melakukan branding pada produk yang dijual itu sangat penting.

Pentingnya branding produk

Branding produk bisa lebih mudah dikenali

Memang mayoritas UMKM masih memiliki keterbatasan modal untuk mengembangkan usaha. Maka dari itu, dengan membangun branding yang kuat, bisa menjadi salah satu alternative promosi paling efektif. Nah, untuk awal branding produk, setidaknya UMKM sudah memiliki merek dagang sendiri. Maka dari itu, ada baiknya nama serta logonya memiliki keunikan tersendiri. Dengan begitu, produk UMKM lebih mudah dikenali dan menarik perhatian konsumen.

Branding produk bisa membangun identitas usaha

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika branding salah satunya mencakup merek dagang sendiri. Namun, perlu diketahui kalau di dalam nama dan logo mengandung identitas dari usaha tersebut. Maka dari itu, branding bukan hanya untuk memperkenalkan produk, tapi juga usahanya. Dengan branding, usaha UMKM tersebut juga akan semakin dikenali di masyarakat.

Branding produk bisa menjadi pembeda dengan produk lain

Sumber: liputan6.com

Tahu, ‘kan, kalau UMKM persaingannya lebih ketat, apalagi produknya mayoritas sejenis? Nah, dengan adanya branding produk yang kuat, tentu produknya memiliki ciri khas tersendiri. Hal inilah yang nantinya akan membedakan antara produk UMKM yang satu dengan yang lainnya. Jadi, meski sejenis, tapi produk tidak akan dikira mirip atau bahkan meniru produk lainnya.

Branding produk bisa untuk meningkatkan kredibilitas produk

Produk yang memiliki brand atau merek dagangnya sendiri tentu identitas usahanya jelas. Terlebih lagi, jika produk dikemas dengan seepik mungkin, serta ada keterangan lainnya. Tentu saja hal ini bisa menjadi bukti bahwa UMKM tersebut profesional. Dengan begitu, bisa meningkatkan kredibilitas produk bahkan usahnya, lho.

Branding produk bisa untuk membangun kepercayaan konsumen

Nah, jika kredibilitas produk sudah meningkat karena branding produk, begitu pula dengan konsumen. Dengan branding, bisa memudahkan UMKM dalam membangun kepercayaan konsumen. Jadi, ketika kepercayaan konsumen semakin meningkat maka tidak dipungkiri bahwa penjualan juga akan meningkat.

Itulah alasan pentingnya membangun branding produk yang kuat bagi pelaku UMKM. Memang terlihat sepele, tapi jangan pernah abaikan, ya, jika mau usahanya berkembang. Apalagi, kini pemerintah sudah ada sosialisasi untuk mengembangkan UMKM. Salah satunya, yaitu pelatihan bagi UMKM.

About Ismaeg

Check Also

Berbagai Macam Persiapan Ketika Mulai Berbisnis Online

persiapan ketika mulai berbisnis online, sumber: idxchannel.com Pada umumnya perkembangan dunia kini telah banyak mewakili ...

Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.